Jenis-jenis Akuifer

Aquifer berasal dari bahasa latin yaitu aqui yang berarti air dan ferre yang berarti membawa, jadi aquifer adalah pembawa air (Todd, 1955). Menurut Herlambang, (1996) akuifer merupakan lapisan tanah yang mengandung air yang bergerak melalui rongga antar butiran tanah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akuifer merupakan lapisan tanah yang mengandung air dan dapat membawa atau mengalirkan air. Hal ini disebabkan karena lapisan tersebut permeable atau dapat mengalirkan air melalu rongga antar butirnya atau sifat batuan yang lain seperti batuan dengan banyak rekahan.



Menurut Kusman dan Ridder (1970), berdasarkan sifat kedap air suatu batuan yang melingkupi akuifer terdapat beberapa jenis akuifer, diantaranya:
·                Akuifer tertekan (confined aquifer) merupakan lapisan akuifer yang berada diantara lapisan impermeable.
·                Akuifer setengah tertekan (semi confined aquifer) merupakan lapisan akuifer yang berada diantara lapisan yang masih dapat mengalirkan air dalam jumlah yang sangat sedikit.
·                Akuifer setengah bebas (semi unconfined aquifer) merupakan lapisan akuifer yang berada di atas lapisan impermeable tetapi dibawah material berbutir halus yang masih dapat terjadi pergerakan aliran air.
·                Akuifer bebas (unconfined aquifer) merupakan akuifer yang memiliki permeabilitas yang tinggi, sehingga tekanan udara di permukaan air sama dengan tekanan udara di atmosfer.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers