Terrigenous Clastics Rocks

     Pada terrigenous clastic rocks, dominasi pembagian batuan sedimen dilakukan berdasarkan rombakan butirannya (terutama pada mineral silika dan fragmen batuan) yang terdiri dari mudrock, batupasir dan konglomerat atau breksi.

  • Mudrock merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang memeiliki ukuran butir paling halus dengan ukuran <1/16 mm dan didominasi oleh mineral lempung.


  • Batupasir terdiri dari material sedimen dengan ukuran 1/16mm hingga 2mm. Batupasir pada umumnya memiliki struktur sedimen yang terbentuk pada saat pengendapan atau pun setelah pengendapan.


  • Konglomerat atau breksi memiliki butiran yang lebih besar dibandingkan dengan batupasir. Konglomerat memiliki ukuran krikil, krakal hingga bongkah. Perbedaan antara konglomerat dan breksi terdapat pada kebundaran dari butirannya. Konglomerat memiliki butiran yang lebih membundar sedangkan breksi memiliki butiran yang meruncing. Konglomerat atau breksi ini dapat memiliki matriks pasir dan lempung, tetapi juga terdapat beberapa konglomerat atau breksi yang tidak memiliki matriks.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers