Prinsip Pengelompokkan Batuan Sedimen


     Untuk mengidentifikasi tipe dari batuan sedimen, terdapat dua poin penting yang harus di mengerti dalam pengamatan lapangan, yaitu komposisi mineral dan ukuran butir batuan sedimen. Berdasarkan asal usul dari batuan sedimen, terbagi menjadi empat golongan utama, yaitu terrigenous clastic rock, biochemical-biogenic-organic deposit, chemical precipitates dan volcanic clastics

     Litologi yang paling sering muncul keberadaannya adalah dari kategori terrigenous clastic rocks yang terdiri dari sandstone, mudrock dan limestone. Litologi lain pada kategori lalin jarang ditemukan dan hanya di temukan pada daerah-daerah tertentu, seperti volcanic clastics, chert, ironstone dan phospates.

     Pada beberapa kasus, batuan sedimen memerlukan perhatian khusus karena bentuknya yang mirip dengan batuan lain. Greywacke misalnya, terlihat seperti dolorite dan basalt terutama dalam ukuran hand specimens jauh dari singkapan. Terdapat beberapa poin penting untuk mengidentifikasi apakah itu termasuk batuan sedimen atau bukan, diantaranya:

  • Keadaan stratigrafinya, dibandingkan dengan lapisan terdekatnya
  • Mineral penciri sedimen
  • Struktur sedimen pada permukaan lapisan dan dalam lapisan tersebut
  • Keterdapatan fosil
  • Butiran yang terdapat pada litologi
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers