Proses-proses Oleh Angin

     Angin sekalipun bukan merupakan agen utama geomorfik tetapi dalam pembentukan bentuk lahan eolian ini angin menjadi faktor utama. Pada bentuklahan eolian ini, angin menjadi media utama dalam proses erosi, transportasi dan pengendapan.

  1. Erosi oleh angin
         Erosi oleh angin dibedakan menjadi dua macam, yaitu deflasi dan abrasi/korasi, Deflasi adalah proses lepasnya tanah dan partikel-partikel kecil dari batuan yang diangkut dan dibawa oleh angin. Sedangkan abrasi merupakan proses penggerusan batuan dan permukaan lain oleh partikel-partikel yang terbawa oleh aliran angin.
  2. Transportasi oleh angin
          Transportasi yang disebabkan oleh angin, pada dasarnya hampir sama dengan transportasi yang terjadi pada sungai dengan media air. Transportasi oleh angin terjadi secara melayang (suspension) dan menggeser di permukaan (traction). Pengangkutan secara traction ini meliputi meloncat (saltation) dan menggelinding (rolling). Perbedaan tersebut terjadi karena adanya pengaruh butiran yang terbawa baik dari ukuran, bentuk maupun beratnya.
  3. Pengendapan oleh angin
         Pengendapan yang terjadi pada bentuk lahan eolian merupakan akibat adanya pengurangan kekuatan angin yang melewati daerah tersebut sehingga material sudah tidak memiliki lagi energi untuk berpindah.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers