Bentuklahan Eolian Hasil Proses Abrasi

     Abrasi merupakan proses penggerusan batuan dan permukaan lain oleh partikel-partikel yang terbawa oleh aliran angin.Berikut adalah bentuklahan hasil proses abrasi:

  • Ventifact
    Ventifact merupakan beberapa sisa batuan berukuran bongkah hingga brangkal yang dihasilkan oleh abrasi angin yang mengandung pasir akan membentuk einkanter (single edge) atau dreikanter (three edge). Einkanter terbentuk dari perpotongan antara pebble yang mempunyai kedudukan tetap dengan arah angin yang tetap/konstan. Dreikanter terbentuk dari perpotongan antara pebble yang posisinya overturned akibat perusakan pada bagian bawah dengan arah angin tetap maupun berganti-ganti terhadap pebble yang mempunyai kedudukan tetap, sehingga membentuk bidang permukaan yang banyak.

  • Polish
    Polish
    ini terbentuk pada batuan yang mempunyai ukuran butir halus, digosok oleh angin yang mengandung pasir (sand blast) atau mengandung silt (silt blast) yang mempunyai kekuatan lemah, sehingga hasilnya akan mengkilat.

  • Grooves
    Grooves adalah alur pada batuan yang disebabkan oleh aliran angin yang menggosok batuan tersebut. Alur-alur yang diciptakan memiliki kenampakan yang sejajar dan sangat jelas.

  • Scullpturing (Penghiasan)
    Sculpturing adalah batuan yang terkikis oleh angin dan membentuk bentuk tertentu seperti batu jamur yang bentuknya menyerupai jamur.

  • Yardang
    Yardang adalah bentuk sisa batuan yang memanjang dan berdiri yang disebabkan oleh erosi angin pada batuan halus melalui rekahannya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers