Gelombang Elektromagnetik

     Gelombang merupakan getaran yang merambat sedangkan gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang terbentuk dari usikan medan magnet dan medan listrik. Kedua medan tersebut bergerak saling tegak lurus sehingga gelombang elektromagnetik disebut juga dengan gelombang transversal.
Gambar 1. Sketsa gelombang elektromagnetik

     Cahaya merupakan salah satu wujud dari gelombang elektromagnetik. Cahaya tampak terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Warna-warna tersebut digabungkan akan menjadi warna putih. Matahari merupakan sumber cahaya putih alami.

     Dalam konsep penginderaan jauh, reciever akan menerima pantulan gelombang cahaya putih dari matahari yang dipantulkan dengan panjang gelombang masing-masing sesuai dengan objek pantulan. Panjang gelombang setiap objek yang diterima akan dilanjutkan untuk dilakukan pemprosesan sehingga dapat menghasilkan citra yang bagus dan dapat diamati oleh pengguna.

Daftar Pustaka
     Anonim. 2014. Gelombang Elektromagnetik. Lampung: Digilib Universitas Lampung.
     Lillesand dan Kiefer. 1998. Penginderaan Jauh dan Intepretasi Citra Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
     Lucas L. F. Jessen dan Wim H. Bakker. 2000. Principle of Remote Sensing. ITC Education Textbook Series. Netherland: The International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede
     Ramdhani, Mohamad. 2015. Gelombang Elektromagnetika. Bandung: Universitas Telkom.
     Soeprapto, Tjoek A dan Helmi, Muhammad. 2014. Pelatihan Komprehensif Pengolahan Data Digital Penginderaan Jauh untuk Geologi Menggunakan ER Mapper Ver 7.x. Semarang Universitas Diponegoro.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers