Ciri Spasial Penginderaan Jauh

     Spasial merupakan data yang memiliki referensi ruang kebumian (georeferencing). Ciri spasial pada penginderaan jauh adalah ciri yang terkait dengan ruang kebumian diantaranya adalah
Gambar 1. Citra Daerah Perkebunan
  • Rona dan Warna
    Rona atau dikenal juga sebagai tone merupakan tingkat kecerahan atau kegelapan suatu objek yang terdapat pada foto udara. Warna merupakan hasil penerimaan gelombang yang menjadikan suatu objek memiliki panjang gelombang tertentu sehingga menjadi warna tertentu.
  • Bentuk
    Bentuk atau gambar yang terdapat pada foto udara merupakan konfigurasi atau kerangka suatu objek yang digunakan untuk intepretasi fungsi dari bentuk tersebut. Contoh: sekolah didominasi dengan bentuk seperti huruf I, L atau U.
  • Ukuran
    Penggunaan ciri ukuran sama seperti bentuk. Contoh: Lapangan bole memiliki luasan cukup terlihat pada citra.
  • Tekstur
    Tekstur merupakan frekuensi perubahan rona pada citra atau dikenal juga pengulangan pada rona kelompok objek yang terlalu kecil untuk dibedakan secara individual.
  • Bayangan
    Bayangan juga merupakan salah satu unsur intepretasi citra yang penting. Bayangan dapat menunjukkan beda tinggi dari objek satu dengan objek yang lain.
Daftar Pustaka
     Lillesand dan Kiefer. 1998. Penginderaan Jauh dan Intepretasi Citra Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
     Lucas L. F. Jessen dan Wim H. Bakker. 2000. Principle of Remote Sensing. ITC Education Textbook Series. Netherland: The International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede
     Soeprapto, Tjoek A dan Helmi, Muhammad. 2014. Pelatihan Komprehensif Pengolahan Data Digital Penginderaan Jauh untuk Geologi Menggunakan ER Mapper Ver 7.x. Semarang Universitas Diponegoro.
    Tim Asisten Geologi Dasar 2012. 2012. Buku Panduan Praktikum Geologi Dasar. Semarang: Universitas Diponegoro.

<-- Kembali ke materi sebelumnya
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers