Faktor Pengontrol Letusan Gunungapi


     Letusan gunungapi akan terjadi ketika magma yang berada pada dapur magma telah penuh sehingga mengalami kanikan tekanan yang tinggi dan akan mendorong keluarnya magma melalui kepundan-kepundan gunungapi. Letusan gunungapi memiliki berbagai macam jenis yang bergantung pada faktor yang mengontrol letusan tersebut yang terdiri dari kandungan gas dan viskositas magma.
  • Kandungan Gas
Kandungan gas yang ada dalam magma sangat berpengaruh terhadap kekuatan letusan. Semakin tinggi tekanan gas yang ada dalam magma maka letusan yang di hasilkan akan semakin besar.
  • Viskositas Magma
Viskositas atau kekentalan yang ada pada magma ditentukan oleh kandungan silika yang ada pada magma. Semakin banyak kandungan silika yang ada pada magma, maka akan semakin tinggi nilai viskositas magma yang menjadikan magma memiliki sifat kental. Kekentalan yang ada pada magma akan menghasilkan letusan yang besar. Kekentalan akan menyebabkan tersumbatnya lubang kepundan sehingga tekanan didalam semakin besar dan ketika terdapat sedikit celah maka semua tekanan akan keluar serentak dan menyebabkan letusan yang sangat dahsyat.

Kandungan gas dan viskositas tersebut juga dapat dilihat pada tipe magmanya. Magma yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi akan memiliki kandungan gas lebih banyak dan viskositas yang tinggi dibandingkan dengan magma yang lebih basa. 



> Kritik dan saran materi dapat dikirimkan ke rojembsr@gmail.com
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers