Ekosistem Daerah Aliran Sungai

     Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berintegrasi dan membentuk suatu kesatuan. Sistem tersebut mempunyai sifat tertentu, tergantung pada jumlah dan jenis komponen. Bsar kecilnya ukuran ekosistem tergantung pada pandangan dan batas yang diberikan pada ekosistem tersebut.

     Ekosistem terdiri dari komponen biotis dan abiotis yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi antara satu dan yang lainnya. Salah satu komponen dalam ekosistem DAS adalah manusia. Swbagai komponen yang dinamis, manusia dalam menjalankan aktivitasnya seringkali melibatkan dampak pada salah satu komponen lingkungan salah satunya adalah dilakukannya pembukaan lahan untuk persawahan dan perkebutan dalam ekosistem DAS.

     Pada ekosistem DAS dibagi menjadi tiga daerah, yaitu hulu, tengah dan hilir. Daerah hulu merupakan daerah yang ada di bagian atas dari suatu sistem DAS. Daerah hulu ini biasanya digunakan sebagai daerah konservasi karena merupakan daerah recharge dengan ciri khasnya memiliki kerapatan drainase yang lebih tinggi, kemiringan lereng yang lebih besar, bukan merupakan daerah banjir, pengaturan pemakaian air ditentukan oleh pola drainase dan didominasi dengan vegetasi yang umumnya tegakan hutan. Pada daerah hilir atau daerah pemanfaatan, memiliki ciri khas drainase lebih kecil, memiliki kemiringan lereng yang lebih kecil, beberapa tempat merupakan daerah banjir, pengaturan pemanfaatan air ditentukan oleh bangunan irigasi dan jenis vegetasi yang didominasi dengan pertanian atau perkebunan bakau di daerah estuarin. Pada daerah tengah, merupakan perpaduan antara dua daerah tersebut.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers