Bentuk Penampang Saluran Drainase

     Bentuk-bentuk saluran drainase harus diusahakan dapat membentuk dimensi yang ekonomis dan sesuai dengan kekbutuhan. Pada daerah dengan kebutuhan drainase besar disesuaikan dengan bentukan dan dimensinya begitu juga pada daerah dengan kebutuhan drainase kecil. Bentuk penampang untuk drainase terdapat berbagai jenis diantaranya adalah:

1. Persegi Panjang
     Saluran drainase berbentuk persegi panjang tidak banyak memakan ruang, sebagai konsekuensinya saluran harus terbentuk dari pasangan batu ataupun coran beton. Fungsi dari saluran bentuk ini adalah menampung dan menyalurkan air hujan dengan debit besar dan sifat alirannya terus menerus fluktuasi kecil

2. Trapesium
     Pada umumnya saluran bentuk trapesium terbuat dari tanah, tetapi tidak menutup kemungkinan terbuat dari coran beton. Fungsi pada saluran bentuk trapesium ini untuk menampung dan menyalurkan limpasan air hujan, air rumah tangga maupun air irigasi dengan debit yang besar dan sifat aliran terus menerus fluktuasi kecil. Pada umumnya terdapat pada daerah yang masih memiliki lahan cukup luas.

3. Segitiga
     Bentuk segitiga ini diterapkan pada awal saluran dengan debit yang ditampung sangat kecil. Saluran bentuk segitiga ini digunakan pada lahan yang terbatas.

4. Setengah Lingkaran
     Bentuk setengah lingkaran ini difungsikan untuk menampung dan menyalurkan airhujan dengan debit yang kecil. Bentuk saluran ini umumnya digunakan untuk saluran rumah penduduk dan pada sisi jalan perumahan yang padat.

5. Lingkaran
     Biasanya digunakan untuk pembuatan gorong-gorong dimana salurannya tertanam dalam tanah.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers