Bagian-bagian Bumi

     Menurut Kraft (1989) bumi terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu inti bumi, mantel dan kerak bumi.
Gambar 1. Struktur Bumi
  • Inti bumi adalah bagian yang paling dalam dari bumi yang memiliki bentuk padat dengan suhu 4.500 C dan tebal 1.370 km yang tersusun oleh besi dan nikel beku.
  • Mantel merupakan lapisan yang berada di luar dari inti bumi. Manter berbeda dengan inti bumi. Lapisan mantel memiliki bentuk cair sehingga mampu membentuk arus konveksi. Lapisan mantel terdiri dari senyawa silikat panas. Pada lapisan inilah magma berasal.
  • Kerak bumi merupakan bagian terluar dari bumi yang bersifat padat dan memiliki ketebalan lebih dari 85 km. Kerak bumi dapat mengalami pergerakan yang disebabkan arus konveksi pada lapisan mantel. Pada dasarnya, kerak bumi terbagi menjadi dua jenis, yaitu kerak benua dan kerak samudra.
    • Kerak benua merupakan kerak bumi yang menyusun lempeng benua dengan komposisi yang cenderung asam serta memiliki berat jenis yang rendah.
    • Kerak benua samudra merupakan kerak bumi yang menyusun lempeng samudra dengan komposisi yang cenderung basa serta memiliki berat jenis lebih besar dari kerak benua.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers