Wisata Alam Puncak Gantole (Menara Filter) Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri

     Wisata alam Puncak Gantole (Menara Filter) terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Objek wisata alam ini dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit menuju arah selatan dari alun-alun Kabupaten Wonogiri dan belok ke arah barat di Desa Sendang. Objek wisata dapat dijangkau menggunakan roda 2 atau 4 dan tidak dapat dilewati oleh bis karena kondisi jalannya yang ekstrim.
Gambar 1. Kesampaian lokasi wisata

     Objek wisata Gantole ini memiliki pemandangan khas berupa Waduk Gajah Mungkur yang berada di sebelah timur dari lokasi. Selain pemandangan waduk, pada objek wisata ini juga disajikan pemandangan lainnya berupa perbukitan yang ada di sekitarnya. Pada objek wisata ini juga disajikan pertunjukan terjun payung oleh para ahli bahkan pengunjung dapat mengikuti terjun payung dengan membayarnya.
Gambar 2. Peta geologi regional lokasi wisata

     Menurut Surono, dkk (1992), dalam Peta Geologi Regional Lembar Surakarta-Giritontro menyatakan bahwa objek wisata alam Puncak Gantole terletak pada Formasi Mandalika (Tomm) yang terdiri dari lava dasit-andesit, tuff dasit dengan retas diorit.

     Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, pada daerah wisata alam Gantole ini memiliki litologi berupa lava andesit yang sekarang menjadi landasan terjun payung dengan warna hitam dan tekstur pejal, serta terdapat tuff di tebing sekitarnya dengan warna coklat.

     Berikut adalah gambaran dari wisata alam Gantole (Menara Filter) Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.





Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers