Anomali Bouguer

     Anomali Bouguer adalah semua gabungan anomali yang disebabkan oleh benda sumber-sumber anomali baik yang berbeda dekat dengan permukaan maupun yang jauh dari permukaan bumi. Tujuan eksplorasi geofisika pada umumnya untuk mempelajari struktur yang dekat permukaan (cekungan hidrokarbon, reservoar panas bumi, sumber daya alam, struktur geologi), sehingga perlu dilakukan upaya untuk memisahkan efek residual dari efek regional.

     Animali Bouguer merupakan selisih antara nilai gravitasi hasil pengukuran degnan nilai gravitasi teoritis yang didefinisikan pada titik pengamatan bukan pada bidang referensi elipsoid maupun muka laut rata-rata. Selisih tersebut merupakan akibat dari variasi distribusi rapat massa yang terdapat pada suatu daerah dengan daerah sekelilingnya ke arah lateral maupun ke arah vertikal.

     Anomali Bouguer dapat bernilai positif ataupun negatif. Nilai anomali positif mengindikasikan adanya kontras densitas bernilai positif pada lapisan bawah permukaan dan anomali negatif menggambarkan kontras negatif.

     Anomali Bouguer Sederhana adalah nilai gravitasi observasi yang telah dikoreksi dengan koreksi Bouguer, sedangkan anomali Bouguer Lengkap adalah Anomali Bouguer sederhana yang telah diberikan koreksi tambahan yaitu koreksi medan (Blakely, 1996).

Persamaan Anomali Bouguer Sederhana (ABS) dapat dituliskan sebagai:


Sedangkan Abomali Bouguer Lengkap (ABL) dituliskan dengan persamaan:


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers