Struktur Geologi

     Struktur Geologi merupakan bentuk batuan sebagai hasil proses deformasi. Deformasi merupakan perubahan bentuk dan ukuran pada batuan sebagai akibat dari gaya yang bekerja di dalam bumi. Geologi Struktur merupakan cabang ilmu geologi yang mempelajari mengenai struktur geologi.
Gambar 1. Struktur Lipatan Rebah

     Pembelajaran terhadap struktur geologi  memiliki beberapa tahapan diantaranya adalah:
  • Pengenalan jenis struktur geologi yang ada dari mulai Kekar, Sesar dan Lipatan yang kemudian dilakukan pengukuran sehingga dapat digambarkan ke dalam peta. Hal ini disebut dengan analisis diskriptif.
  • Mengamati sifat perubahan (Strain) yang terjadi pada batuan dengan dasar pengetahuan tentang proses deformasi yang terjadi pada batuan. Pengamatan ini meliputi perubahan tempat atau gerak (displacement), perubahan bentuk (distortion) dan perubahan ukuran (dilatation). Tahap tersebut dinyatakan sebagai analisis kinematika.
  • Sebagai tahap akhir adalah mempelajari penyebab perubahan yang terjadi pada batuan. Perubahan terjadi akibat adanya pengaruh dari gaya (force) dan tegasan (stress).
Daftar Pustaka
Tim Asisten Geologi Dasar 2012. 2012. Buku Panduan Praktikum Geologi Dasar 2012. UNDIP: Semarang
Fossen, Haakon. 2010. Structural Geology. Cambridge University Press: United State of America
Pluijm, Ben A. van der dan Marshak, Stephen. 2004. Earth Structure An Introduction Structural Geology and Tectonics (Second Edition). W. W. Norton & Company: London.



Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers