Daerah Rawan Bencana

     Daerah Rawan Bencana merupakan suatu wilayah atau kawasan yang sering atau berpotensi tinggi mengalami bencana. Suatu kawasan atau wilayah, dinyatakan rawan bencana apabila memiliki kondisi dan karakter geologis, biologis, hidrologis, klimatologis, geografis, sosial, budaya, politik, ekonomi, dan teknologi yang kurang mempunyai kemampuan untuk meredam, mencegah, dan mencapai kesiapan dalam menanggapi dampak buruk dari bahaya bencana.
Gambar 1. Contoh Peta Rawan Bencana

     Mitigasi bencana merupakan kegiatan pengidentifikasian terhadap sumber bencana, penggolongan kawasan-kawasan yang berpeluang terkena bencana berdasarkan jenis dan tingkat besar/kecilnya ancaman bencana serta dampak bencana yan gditimbulkan dan penginformasian kerentanan wilayah terhadap masing-masing jenis ancaman bahaya.

     Peta Rawan Bencana merupakan suatu gambaran dua dimensi hasil dari mitigasi bencana yang menggambarkan tingkat bahaya atau kerentanan suatu wilayah terhadap suatu bencana. Peta Rawan Bencana merupakan peta tematik yang dihasilkan dari mitigasi bencana.

Daftar Pustaka
Wikipedia.com
BPBD Provinsi Jawa Tengah

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers