Unsur Peta Topografi

    Unsur peta topografi merupakan bagian yang ada di peta. Unsur peta ini berfungsi untuk memperjelas maksud dari peta dan membantu pengamat dalam memahami peta. Unsur peta topografi diantaranya:
Gambar 1. Peta RBI Bandung

  1. Judul Peta
    Merupakan nama peta atau daerah yang tercantum di peta. Judul peta juga berfungsi untuk memudahkan pencarian lembar peta
  2. Skala Peta
    Merupakan perbandingan antara jarak horizontal sebenarnya dan horizontal peta. Skala peta berfungsi untuk memperkirakan jarak antar dua titik hingga luasan area.
  3. Arah Utara
    Merupakan unsur peta yang menjelaskan arah utara dari daerah yang ada di peta sehingga dapat diketahui susunan sebenarnya.
  4. Legenda
    Merupakan kumpulan penjelasan mengenai tanda-tanda yang digunakan pada peta. Penjelasan dapat berupa daftar maupun tabel.
  5. Nomor Lembar Peta
    Merupakan kotak-kotak yang berisi nomor urut lokasi. Nomor urut tersebut sudah di sesuaikan setiap negara sesuai dengan sistem tertentu.
  6. Indeks Nomor Peta Daerah Sekitar
    Merupakan nomor lembar peta daerah yang bersinggungan langsung dengan peta yang dibuat. Indeks nomor peta daerah sekitar ini berfungsin untuk mempermudah dalam pencarian lembar peta.
  7. Indeks Administrasi
    Merupakan bagian yang menunjukkan wilayah administrasi peta yang digunakan dalam peta.
  8. Edisi Peta
    Merupakan keterangan yang menunjukkan kapan peta tersebut di survey dan dibuat sehingga dapat memberikan gambaran kepada pengamat tentang kemungkinan perubahan yang berlangsung.
Daftar Pustaka
Peta Rupa Bumi Indonesia Lembar Bandung, Edisi I, 2001, Bakosurtanal, Bandung
Team Asisten Geologi Dasar, 2012, Buku Panduan Praktikum Geologi Dasar, Semarang, UNDIP.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers