Skala Peta

     Skala peta merupakan perbandingan antara jarak horizontal di peta dan jarak horizontal sebenarnya. Pada dasarnya, terdapat tiga jenis skala peta, yaitu
  • Representative Fraction Scale (Skala fraksional)
    Merupakan skala yang ditunjukkan dengan pecahan, seperti 1:10.000. artinya adalah jarak 1 cm di peta memiliki jarak 10.000 cm pada daerah sebenarnya. Skala fraksi ini memiliki kelemahan, yaitu pada perbesaran yang dilakukan pada peta. Perbesaran peta yang dilakukan tidak akan merubah angka perbandingan sehingga skala yang tertulis tidak berubah meskipun peta mengalami perbesaran.
  • Graphic Scale (Skala grafik)
    Merupakan perbandingan jarak sebenarnya dengan jarak pada peta menggunakan kotak. Skala grafik merupakan skala terbaik karena tidak terpengaruh dengan adanya perbesaran. Perbesaran peta juga akan memperbesar skala grafik sehingga skala yang tertera tetap sesuai dengan gambar peta.
Gambar 1. Skala grafik
  • Verbal scale (Skala verbal)
    Merupakan skala yang dinyatakan dengan satuan panjang. Skala verbal pada dasarnya sama dengan skala fraksional. Perbedaan skala verbal dan fraksional terletak pada satuan. Contoh skala verbal adalah 1 cm = 10 km artinya 1 cm di peta sama dengan 10 km di lapangan.
Daftar Pustaka
Team Asisten Geologi Dasar, 2012, Buku Panduan Praktikum Geologi Dasar, Semarang, UNDIP.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers