7 BUSUR MAGMATISME


Batuan beku merupakan batuan yang terbentuk akibat adanya pembekuan magma baik secara cepat maupun lambat. Pembentukan magma ini terdapat pada beberapa lokasi diantaranya adalah:


1.      Mid Oceanic Ridge (MOR)

Mid oceanic ridge atau MOR ini merupakan sebutan untuk gunung berapi bawah laut yang terbentuk akibat memisahnya lempeng-lempeng yang ada pada daerah laut atau samudra. Lempeng-lempeng yang saling memisah memicu keluarnya magma yang ada di bawah lempeng untuk keluar menuju luar kerak yang selanjutnya menjadi lava dan mendingin membentuk kerak baru.


2.      Zona Rifting

Zona rifting ini terjadi pada daerah Benua yang kejadiannya hampir sama dengan MOR, yaitu pemisahan antara dua lempeng. Hanya saja untuk rifting sendiri terjadi pada benua. Kejadian ini mengakibatkan adanya cekungan pada daerah rifting. Pada daerah ini biasanya akan terisi oleh air yang menjadi sungai atau bahkan dapat menjadi laut.

3.      Island Arc

 Island arc adalah jenis Nusantara, sering terdiri dari rantai gunung berapi, dengan berbentuk busur keselarasan, terletak sejajar dan dekat dengan perbatasan antara dua lempeng tektonik konvergen. Penyebab dari semuanya adalah tubrukan antara lempeng benua dan lempeng samudra yang menjadi zona subduksi dimana lempeng samudra menjorok ke dalam dan lempeng benua berada di atasnya.

4.      Continental Arc


Continental arc ini mirip sekali dengan Island arc, hanya saja kejadiannya tepat di perbatasan benua dan samudra.

5.      Back Arc Basin

Back arc basin ini terjadi di belakang island arc dengan kondisi magma yang kluar dan caranyapun sama dengan island arc.

6.      Hot Spot

Hot spot ini terjaodi pada daerah zona lemah yang ada di samudra dan magma keluar menuju kerak tanpa adanya rifting karena magmanya hanya keluar melalui zona lemah saja yang selanjutnya dapat membentuk kepulauan. Contoh dari hotspot adalah kepulauan hawai.

7.      Continental Intra Plate

Continental intraplate ini sama seperti Hot Spot, hanya saja pada continental intraplate ini terjadi pada benua. Magma keluar melalui zona lemah yang ada pada benua yang selanjutnya menjadi lava dan membeku pada permukaan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers