Cara Menggabungkan 2 Cell data menjadi 1 Cell Menggunakan Spreadsheet

     Data spreadsheet terdiri dari beberpaa cell yang mana di beberapa kondisi cell tersebut merupakan data terpisah dengan cell lain yang harus di gabungkan. Untuk melakukan penggabungan data tersebut, terdapat beberapa cara diantaranya adalah
Gambar 1.1 Penggabungan Data

Cara 1 Menggunakan Symbol "&"

--> Cara 1 ini merupakan cara paling sederhana dimana cell bisa langsung di isi dengan cell-cell yang akan di gabungkan. Pemisahnya dapat dibuat juga secara manual sesuai dengan ketentuan spreadsheet dimana angka bisa langsung di tulis angka dan text harus ditulis menggunakan tanda petik di bagian pembuka dan penutup ("text").
--> Contoh:

--> Jika digabungkan ketiganya maka akan menjadi satu cell dimana tidak terdapat pemisah karena tidak diinputkan pemisahnya
--> Jika pemisahnya diinputkan maka akan bergabung menjadi satu. Contoh:
--> Pada gambar diatas sudah nampak pemisah setiap kata, yaitu dengan tanda "/" yang diinputkan di antara masing-masing kata.

Cara 2 Menggunakan rumus "TEXTJOINT"

--> Menggunakan rumus TEXTJOINT akan menghasilkan gabungan cell dengan pemisah tertentu dan seragam berbeda dengan sebelumnya yang dapat diinputkan secara manual.
--> Rumus TEXTJOINT sendiri terdiri dari Pemisah, abaikan kosong, Input 1, Input 2 dan seterusnya yang mana input 1, input 2, input 3 dan seterusnya akan dipisah dengan pemisah yang sudah diinputkan. Abaikan kosong menunjukan jika cell tersebut kosong maka tidak akan di proses.
--> Contoh semua data terisi dengan pemisah berupa tanda "-"
--> Contoh salah satu data kosong:
--> Pada bagian B karena kosong maka langsung A-C meskipun rumusnya ada 3 input.

Cara 3 Menggunakan rumus "CONCATENATE"

--> Cara 3 ini sangat mirip dengan cara pertama hanya saja tidak menggunakan symbol "&" pada penambahan datanya melainkan menggunakan CONCATENATE dan di bagian tengah diisikan pemisahnya sesuai kebutuhan.
--> Contoh:

<< Kembali ke materi sebelumnya
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers