Sistem Informasi Geografis (SIG)

     Masyarakat saat ini sangat bergantung dengan teknologi yang dikenal dengan komputer. Komputer sendiri dapat membantu menangani, memproses, menganalisa dan membantu dalam menentukan keputusan. Spasial data saat ini telah banyak di komputerisasi sehingga dapat diolah menggunakan komputer. Geografi merupakan salah satu objek yang dapat membantu menangani, memproses dan menganalisa spasial data yang sering dikenal sebagai Geographic Information System (GIS) atau dalam bahasa Indonesia berarti Sistem Informasi Geografis (SIG).
Gambar 1. Gambaran pengolahan SIG

     Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sebuah sistem untuk menangkap, menyortir, memastikan, pembaruan, perubahan, analisa dan penyajian data berdasarkan data spasial terhadap bumi. Dalam pengolahan SIG juga korelasikan dengan data geografis sehingga dapat menghasilkan data dan gambaran yang aktual terhadap bumi.

     SIG menjadi alat utama dalam menemukan lokasi geografis dan isu lingkungan hidup. Pengolahan SIG akan menjadikan setiap karakteristik menjadi sebuah layer yang dapat diolah menggunakan komputer. Karakteristik setiap layer bergantung pada data geografis dan isu lingkungan hidup yang didapatkan baik dari pemetaan langsung maupun menggunakan citra.

     Dalam melakukan pengolahan SIG, diperlukan komponen utama agar meampu menghasilkan data dan di sajikan. Berikut adalah materi mengenai komponen SIG.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers