Faktor Pembentuk Delta

     Delta terbentuk karena adanya faktor pembentukan. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhinya

  • Iklim berpengaruh pada proses fisika, kimia dan biologi dalam semua komponen dari sistem sungai. Pada daerah tropis, penyediaan voluume air permukaan besar. Pelapukan fisika dan kimia berpengaruh terhadap tingkat sedimentasi. Pada daerah tropis dijumpai pengawetan material organik seperti gambut di daerah delta.

  • Debit air sungai dapat mempengaruhi geometri dari delta yang terbentuk. Delta yang memiliki debit air tinggi akan menghasilkan sedimentasi tinggi sehingga delta yang terbentuk akan memiliki tubuh pasir yang panjang dan membentuk sudut yang relatif besar terhadap garis pantai. Begitu sebaliknya pada delta dengan debit relatif rendah akan memiliki tubuh pasir yang pendek dengan sudut yang relatif kecil terhadap garis pantai.

  • Energi gelombang merupakan mekanisme penting dalam pembentukan delta. energi gelombang yang terlalu tinggi akan menggerus tubuh pasir yang ada pada delta.

  • Arus pantai mengorientasikan tubuh-tubuh pasir hingga membentuk sejajar atau hampir sejajar dengan arah aliran sungai.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers