Telaga Warna, Dieng, Wonosobo

     Wisata alam baru-baru ini memiliki penikmat tersendiri, obyek wisata yang berada di dataran tinggi seperti pegunungan maupun obyek wisata yang berada di dataran rendah. Telaga warna merupakan salah satu wisata air yang berada di dataran tinggi Dieng kabupaten Wonosobo. Telaga Warna dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan motor, mobil bahkan bis ukuran 52 person. Karena tempat parkir yang luas, dapat menampung kendaraan dalam jumlah banyak.
Gambar 1. Telaga Warna musim kemarau

     Sebenarnya telaga warna bukan satu-satunya obyek wisata telaga yang berada di Wonosobo. Masih banyak telaga lain seperti telaga Pengilon. Namun, yang cukup trend pada kalangan masyarakat dan menjadi tujuan utama ketika mengunjungi Dieng adalah telaga warna. Terasa tidak lengkap apabila berkunjung ke Dieng tidak mengunjungi Telaga Warna.
Gambar 2. Telaga Pengilon musim kemarau

      Keindahan telaga warna terdapat pada biasan air yang seolah terlihat berbagai paduan warna hijau, kekuningan dan terkadang terlihat agak kebiruan. Faktor biasan cahaya yang menimbulkan ilusi warna pada telaga sehingga muncul warna yang berbeda-beda itulah yang menyebabkan telaga itu disebut telaga warna selain dari factor mitologi cerita yang berkembang di masyarakat (Klik disini untuk penjelasan ilmiah dari segi Geologi). Lokasi telaga warna sendiri berdampingan dan cukup dekat dengan tenaga Pengilon selain itu juga untuk masuk kedua telaga tersebut hanya terdapat 1 gerbang tiket. Dengan tiket seharga Rp 12.500 pengunjung dapat menikmati dua obyek wisata sekaligus. Telaga Warna dan telaga Pengilon berada pada lokasi yang sama, karena jarak lokasinya cukup dekat keduanya dapat dinikmati secara bersamaan. Dikatakan telaga pengilon karena airnya yang dapat digunakan untuk bercermin seperti kaca sesuai dengan namanya dalam Bahasa jawa pengilon memiliki arti kaca.
Gambar 3. Telaga Pengilon

     Selain kedua objek wisata tersebut pada lokasi Telaga Warna juga terdapat kios-kios yang menjual aneka macam jajanan khas Kabupaten Wonosobo seperti carica dan jajanan khas berupa kripik dan kerupuk.

Foto lain dari Telaga Warna:




Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers