Wisata Alam Rawa Pening, Kabupaten Semarang

     Wisata Alam Rawa Pening terletak di antara empat kecamatan, yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Banyubiru dan Kecamatan Tuntang. Wisata Alam Rawa Pening ini terbagi menjadi tiga sektor, yaitu pada Bukit Cinta, Jembatan Biru dan Wisata Kuliner berupa Kampung Rawa.

     Menurut Thenden, dkk (1996) menyatakan bahwa Wisata Alam Rawa Pening terletak pada formasi endapan aluvial yang berisikan lempung, pasir hingga krakal Serta terdapat formasi Kaligetas (Qpkg) yang terdiri dari breksi vulkanik, aliran lava, tuff, batupasir tufan dan batulempung.


     Berdasarkan hasil pengamatan lapangan, Wisata Alam Rawa Pening memiliki morfologi hampir datar hingga bergelombang di bagian samping menuju kearah wisata. Berdasarkan pengamatan lithologi yang terbagi menjadi dua lokasi pengamatan yaitu pada daerah danau dan sekitar danau didapatkan bahwa pada daerah danau terdapat lempung hitam hasil dari pengendapan sedimen serta material-material bekas enceng gondok sedangkan pada jalan menuju lokasi wisata (jembatan biru) terdapat breksi vulkanik yang berongga sehingga memiliki aliran bawah permukaan. Breksi yang ditemukan merupakan breksi vulkanik dengan fragmen berupa andesitik dan matriksnya memiliki ukuran pasir kasar.

     Berikut adalah detail setiap Wisata yang disajikan di Wisata Alam Rawa Pening Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah
> Bukit Cinta, Kecamatan Banyubiru
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers