Survey Bidang Gelincir Pra Pembangunan Jalan TOL Bawen

     Jalan tol merupakan salah satu sarana prasarana yang menunjang dari segi transportasi. Guna meningkatkan efisiensi dalam transportasi, jalan tol menjadi solusi tepat bagi pengguna transportasi darat. Penentuan jalur Tol pun menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Gambar 1. Peta hasil pengukuran dan pengamatan

     Penentuan jalur Tol ditinjau dari beberapa aspek yang salah satunya adalah keamanan. Kondisi permukaan dan bawah permukaan akan sangat mempengaruhi kondisi jalan Tol yang akan di gunakan. Di Kecamatan Bawen misalnya, yang memiliki komposisi litologi berdasarkan pemetaan geologi berupa breksi vulkanik di bagian atas dan lempung pasir di bagian bawah menjadikan tempat tersebut sangat rentan terhadap adanya bidang gelincir.

     Bidang gelincir merupakan bidang kedap air yang menjadi landasan bergeraknya masa tanah. Dalam hal ini, bidang gelincir harus ditangani agar tidak terjadi pergerakan pada jalan yang akan dibangun. Selain itu, pada daerah Kecamatan Bawen terdapat SUTET yang dapat terpengaruh bidang gelincir oleh pembukaan jalur tol. Untuk itu, perlu dilakukan analisis terhadap lokasi calon jalur tol tersebut.

     Analisis yang pada calon jalur tol dilakukan dengan pemetaan geologi dan pengukuran geolistrik. Pemetaan geologi dilakukan untuk mendapatkan kondisi geologi terkini baik dari lithologi maupun struktur geologi yang ada. Pengukuran geolistrik dilakukan untuk mengetahui posisi bidang gelincir pada calon jalur tol sehingga mengetahui langkah tepat untuk menanggulanginya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers