Lankah-langkah Deskripsi Lapangan Batuan Sedimen


Dalam pengamatan, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Hal-hal tersebut dapat berhubungan satu sama lain dan harus sesuai urutan dalam melakukan perekaman data agar data yang di catat sesuai dan dapat dibaca hingga di pahami oleh orang lain. Berikut adalah langkah untuk melakukan pencatatan atau recording pada lapangan dengan komposisi utama batuan sedimen.

1.             Menuliskan secara detail mengenai lokasi pengamatan. Catat segala hal yang ada pada singkapan menggunakan Buku Catatan Lapangan, gambarkan dan foto untuk melengkapinya. Jika terdapat lipatan, amati stratanya dan gambar log litologinya bila perlu.
2.             Identifikasi litologinya baik mineral penyusun dan komposisi batuannya.
3.             Periksa tekstur batuan yang ada, meliputi:
a.              Warna litologi
b.             Ukuran butir
c.              Bentuk butir
d.             Kebundaran
e.              Sortasi
4.             Memperhatikan struktur sedimen pada bagian atas lapisan, pada tubuh lapisan dan pada bagian bawah lapisan.
5.             Catat geometri lapisan sedimen dan tentukan hubungan antar satuan litologi yang ada di daerah pengamatan.
6.             Cari kehadiran fosil untuk memperkirakan umur litologi
7.             Ukur struktur yang dapat menunjukkan paleocurrent.
8.             Pertimbangkan lithofasies, proses pengendapan, intepretasi sekilas mengenai lingkungan pengendapan dan paleogeografi.

9.             Bawa semua data termasuk sample untuk dilakukan analisis lebih lanjut di Lab.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers