Metode Geofisika Aktif dan Pasif

     Dalam ilmu geofisika, sifat fisik bumi adalah parameter yang sangat berperan penting untuk mempelajari struktur bumi dan sifat fisiknya. Instrumentasi geofisika adalah syarat mutlak untuk mempelajari bumi melalui metode geofisika. Pada hakikatnya, metode geofisika terbagi menjadi dua, yaitu metode geofisika aktif dan metode geofisika pasif.

     Metode geofisika aktif, bekerja dengan cara menginjeksikan sinyal atau medan fisis ke bumi dan menerima respon dari sinyal atau medan yang telah terpengaruh oleh struktur di bawah permukaan. Metode geofisika pasif, hanya menerima sinyal atau alami dari bumi tanpa menginjeksikannya.

     Metode geofisika yang telah banyak berkembang untuk memahami struktur bumi dan eksplorasi mineral antara lain adlaah metode gravitasi, metode magnetik, metode seismik, metode geolistrik, dan metode electromagnet. Secara umum metode gravitasi dan magnetik adalah termasuk ke dalam metode geofisika pasif, sedangkan metode seismik, geolistrik dan electromagnet adalah metode geofisika aktif.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers